Mari Bergabung Menjadi Produktifitas Agen / Reseller Untuk Memasyarakatkan Sehatnya Konsumsi Susu Segar Kambing Etawa. DICARI AGEN SELURUH INDONESIA

Rabu, 06 Januari 2010

Bagaimana Menjaga Mutu Susu ?


Berita-berita seperti itu sudah bukan hal yang baru karena selalu kita baca dan dengar. Sebenarnya apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi? Bukannya susu merupakan protein hewani yang tak ternilai harganya dan memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama meningkatkan kecerdasan anak-anak usia sekolah,
meningkatkan pertumbuhan terutama bagi perkembangan otak dan tulang? Bahkan bahan-bahan yang terkandung dalam susu merupakan bahan yang sangat mudah diserap tubuh dan bahkan tidak dapat digantikan oleh bahan lain.
 

Kenapa kita membutuhkan protein hewani ????
Ternyata nilai gizi protein hewani pada umumnya jauh lebih tinggi daripada nilai protein nabati. Protein hewani sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena mengandung asam amino
essensial yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan.

Selain itu juga bahan pangan asal hewan rasanya lebih lezat sehingga mempunyai palatabilitas yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan protein hewani memiliki keunggulan :
·Menurut Black (2003): Vitamin B12, asam folat & zat besi yang banyak pada telur, susu dan daging memperbaiki daya ingat dan kognitif
· Penelitian Rogers di Guatemala: Anak defisiensi B12 mempunyai nilai tes neuropsikososial dan memori yang rendah sedangkan anak vegetarian cenderung anemi dan mengalami gangguan sistim syaraf.
· Dr Moore dkk (1997) dari Boston Medical School menguji diet DASH kaya kandungan kalsium, magnesium, potasium dari susu, buah dan sayur.
· American Heart Association menganjurkan minum susu dan makan makan sayur buah setiap hari untuk mengendalikan hipertensi.

Sebenarnya apakah SUSU itu ?????????
SUSU merupakan cairan yang berasal dari ambing sehat dan bersih yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar. Ternyata SUSU memiliki manfaat bagi tubuh diantaranya adalah :
1. Mengandung Protein 11 asam amino esensial yang mudah dicerna dan dalam 1 liter
susu segar mensuplai 1,15 gram Kalsium.
2. Mengandung Lemak yang berfungsi sebagai bahan pembakar, sumber energi namun tidak membentuk lemak cadangan dan terlarut dalam vitamin A;D;E dan K.
3. Kandungan Laktosa pada SUSU merupakan bahan yang mudah dicerna, bahan pembakar dan dibutuhkan untuk perkembangan sel otak.
4. Kandungan proteinnya memiliki nilai biologis yang lebih tinggi daripada protein lain,susunan asam amino lengkap dan dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Lalu.......bagaimana pengolahan SUSU sebelum dikonsumsi ?
Ada beberapa cara pengolahan susu yang biasa dilakukan yaitu :
1. Susu Pasteurisasi adalah susu segar, susu rekonstitusi (penyatuan kembali bagian
susu yang sudah dipisahkan), susu rekombinasi yang telah mengalami proses pemanasan pada temperatur 63oC-66oC selama minimum 30 menit atau dengan pemanasan 72oC selama minimum 15 detik, kemudian segera didinginkan sampai 10oC, selanjutnya diperlakukan secara aseptis dan disimpan pada suhu maksimum 4,4oC.
2. Susu Ultra High Temperature (UHT) yaitu produk susu yang diperoleh dengan cara mensterilkan susu minimal pada suhu 135oC selama 2 detik, dengan atau tanpa penambahan bahan makanan dan bahan tambahan pangan yang diijinkan serta dikemas secara aseptik.
3. Susu Sterilisasi atau susu Evaporasi adalah hasil olahan susu yang dibuat dengan menguapkan sebagian air dari susu segar atau dengan merekonstitusi susu bubuk dengan atau tanpa penambahan bahan lain yang diijinkan.
4. Susu Kental Manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari susu segar atau hasil rekonstitusi susu berlemak penuh (full cream), atau hasil rekombinasi susu bubuk tanpa lemak (SKIM Milk) dengan lemak susu/ lemak nabati, yang telah ditambah gula, dengan atau tanpa penambahan bahan makanan lain dan bahan tambahan makanan lain yang diijinkan.
5. Yoghurt adalah produk susu yang diperoleh dari susu yang telah dipasteurisasi kemudian difermentasi dengan bakteri tertentu sampai diperoleh kesamaan bau dan rasa yang khas dengan atau tanpa penambahan bahan lain yang diijinkan.yang khas dengan atau tanpa penambahan bahan lain yang diijinkan.

Bagaimana menjaga mutu SUSU ????
Mutu SUSU ditentukan sejak dari pemerahan dengan menjaga kesehatan dan kebersihan ternak,
peternak dan petugas yang menangani susu, selalu memperhatikan kebersihan peralatan susu yang digunakan. Hindarkan susu terpapar dengan udara terbuka dalam waktu yang lama serta segera dinginkan susu dengan suhu <4oC dan selalu menerapkan rantai dingin susu.

Apakah yang disebut dengan Rantai Dingin SUSU ?
Rantai dingin SUSU adalah tindakan yang dilakukan agar menjaga suhu susu tetap pada
temperatur dingin atau <4oC yang dimulai pada saat setelah pemerahan yaitu umumnya waktu yang diperlukan untuk menurunkan suhu susu setelah pemerahan dari 35oC menjadi 4oC adalah 3 jam. Namun penurunan suhu SUSU sampai mencapai suhu dimana mikroba tidak dapat melakukan pembelahan (jumlah kuman tidak bertambah) adalah minimal 2 jam. Maka yang harus dilkukan adalah dinginkan susu secepat mungkin di bawah 4oC dan pertahankan suhu tersebut.Yang harus diingat adalah bahwa SUSU merupakan makanan bergizi tinggi namun SUSU juga merupakan media yang baik untuk pertumbuhan mikroba. Tidak semua mikroba merugikan kita namun sifat mikroba ada yang”PATOGEN” yaitu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi konsumen.
Dan Ternyata ............. suhu 04 - 65oC disebut dengan ”ZONA BERBAHAYA” karena pada suhu ini mikroorganisme dapat berkembangbiak dengan cepat (dengan cara membelah diri). Nah.........pada saat jumlah mikroorganisme dalam jumlah banyak mereka akan membentuk Toksin atau Racun yang menyebabkan Intoksikasi atau Keracunan, terutama pada produk susu olahan cair terutama SUSU Pasteurisasi karena proses pembuatannya pada temperatur 63oC - 66oC selama minimum 30 menit atau dengan pemanasan 72 oC selama minimum 15 detik, sehingga tidak seluruh mikroba akan mati. Yang perlu diperhatikan lagi bahwa ternyata mikroba Patogen pada umumnya tahan pada suhu panas sehingga susu segar sebagai bahan baku susu pasteurisasi harus benar-benar bebas dari bakteri Patogen. 

LALU BAGAIMANA MENYIMPAN SUSU ?????
• Susu Pasteurisasi : disimpan pada suhu <4
oOC, sebaiknya langsung diminum setelah kemasan dibuka, apabila ada sisa sebaiknya disimpan pada suhu <4 oC
• Susu Ultra High Temperature (UHT) : dapat disimpan pada suhu kamar, tapi sesegera mungkin disimpan pada suhu 4oC apabila sudah dibuka kemasannya (atau masih ada sisa)
• Susu Kental Manis (SKM) : segera simpan pada suhu <7oC bila kemasan sudah dibuka (bila dalam kemasan kaleng, tutup lubang sebelum disimpan di pendingin) dan bersihkan kemasan agar bersih sebelum disimpan pada suhu ruang maupun dingin
• Yoghurt (susu fermentasi) : disimpan pada suhu <4oC, sebaiknya langsung diminum setelah kemasan dibuka, apabila ada sisa sebaiknya disimpan pada suhu <4oC